Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin!
BERITA
Wahyu Widiana, Mantan Dirjen Badilag, Dilantik sebagai Ketua Baru BP4
  • Thursday, 16 October 2014 | 11:27
  • Administrator
  • berita
Jakarta, bimasislamMantan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (MA), Wahyu Widiana, dilantik sebagai Ketua Umum Badan Penasihat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) periode 2014-2019. Wahyu didampingi sejumlah pengurus yakni Wakil Ketua Umum, H. Tulus, Sekretaris Umum, H Najib Anwar, dan Bendahara Umum, Hj. Cholidah Hanum, dilantik dan dikukuhkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada hari Senin (13/10) di Operation Room Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
 
Wahyu Widiana mengatakan, dirinya bertekad untuk meningkatkan peran serta BP4 diantaranya mengoptimalkan program kursus pranikah untuk calon pengantin. “BP4 ingin agar ke depan, kursus itu minimal 18 jam dan dilakukan di KUA. Materinya mulai dari konsep pernikahan menurut UU dan agama, hingga soal kesehatan reproduksi, manajemen keuangan, manajemen konflik,” ungkapnya.
 
Pencegahan pernikahan dini, yang selama ini terbukti jadi salah satu penyebab maraknya perceraian, juga akan dioptimalkan BP4. “Kita sudah ada MoU dengan BKKBN. Visi kita sama, yaitu untuk menciptakan keluarga yang sejahtera. Bedanya, kita pakai pendekatan agama,” tambahnya. Dengan itu, Pria kelahiran Tasikmalaya, 18 September 1952 tersebutmeyakini ke depan BP4 dapat meningkatkan kiprahnya dalam membentuk keluarga-keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.
 
Penasehat Senior Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) itu juga menekankan pentingnya  konsolidasi organisasi. “Saat ini BP4 tidak berada di bawah naungan Kemenag. BP4 adalah organisasi mandiri yang profesional, meskipun secara historis sangat terkait dengan Kemenag,” ungkapnya.
 
Konsolidasi organisasi yang dimaksud Wahyu meliputi pendataan dan penataan SDM yang jadi pengurus BP4 di daerah, penyediaan sarana kerja, dan sejumlah aspek organisasi lainnya.
 
Wahyu Widiana terpilih menjadi Ketua Umum BP4 dalam Musyawarah Nasional ke-XV lembaga pembinaan kehidupan keluarga itu pada 15-16 Agustus 2014, di Jakarta. Ia menggantikan Drs.H. Taufiq, S.H. Mantan Wakil Ketua MA yang sudah menjabat sejak 2009. BP4 periode 2009-2014 juga memiliki empat orang Dewan Pembina yang dijabat oleh Ketua MA, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sementara itu mantan Sekretaris Jenderal Kemenag, Bahrul Hayat, diangkat sebagai salah satu Tim Ahli BP4.(ska/foto:hukumonline)