Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin!
BERITA
Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1440 H pada 11 Agustus 2019
  • Thursday, 01 August 2019 | 19:15
  • Noor Hidayat Kurniawan
  • berita
Jakarta, Bimas Islam --- Pemerintah menetapkan Awal Zulhijjah 1440 H jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019, sehingga Hari Idul Adha 1440 H jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

Penetapan tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama usai Sidang Isbat penetapan awal Zulhijjah di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (1/8).

Hadir mendampingi Dirjen Bimas Islam, Ketua MUI KH. Abdullah Jaidi dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis.

"Dari segi hisab dan rukyatul hilal, maka sebagaimana yang dipedomani berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Bulan Zulqa'idah 1440 Hijriyah kita menjadi 29 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus 2019, dan tanggal 10 Zulhijjah 1440 H jatuh pada hari Ahad, 11 Agustus 2019," kata Dirjen.

"Mudah-mudahan keputusan ini membawa berkah bagi kita semua. Atas nama pemerintah, kami menyampaikan selamat menempuh bulan Zulhijjah dan Idul Adha 1440 Hijriah," ujar Muhammadiyah Amin.

Sidang Isbat dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI), para duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selain itu, Kemenag juga mengundang pihak terkait lainnya, di antaranya adalah Badan Informasi Geospasial (BIG), Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium dan para pakar ilmu falak dari ormas-ormas Islam.

Penulis: nhkurniawan
Editor: nhkurniawan
Foto: bimasislam