TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Tangkal Radikalisme/Pupuk Rasa Patriotisme Warga, Kades Mapin Beru Gelar Pengajian Rutin Tahunan
Thursday, 23 January 2020 | 15:57
Noor Hidayat Kurniawan
Berita

Dengan Tema “ Memperkokoh Aqidah & Ukhuwah Islamiyah, Demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia  Dengan Menolak Segala Bentuk Faham Radikalisme “ Pemerintah desa Mapin Beru kecamatan Alas Barat kabupaten Sumbawa, memulai kegaiatan pengajian Pertama dari pengajian Rutin Tahunan yang direncakan akan diselenggarakan setiap tahunnya.
 
Kegiatan Dakwah Islamiyah yang berlangsung Sekitar Satu setengah Jam itu cukup menarik perhatian warga desa. Puluhan Warga Desa  terlihat sangat focus mendengarkan penyampaian Syiar Islam Oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Alas Barat, Indra Gunawan, S. Ag, di Masjid Al Ikhlas Desa Mapin Beru Kecamatan Alas Barat, Rabu Malam ( 22 /1/20 )
 
Beberapa petikan pesan yang disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Alas Barat yang berdomisili Diwilayah Kecamatan Utan itu diantaranya, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat desa untuk senantiasa menjaga nilai – nilai Keutuhan Bangsa yang bersendikan Pancasila dan Undang dasar Tahun 1945, menolak segala bentuk faham radikalisme yang bisa mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selain itu juga Indra  Gunawan S. Ag menerangkan bahwa Bangsa Indonesia  adalah bangsa yang terbangun dari keberagaman Suku Dan  Agama, dan kesemuanya mesti bersatu di bawah Panji Sang Saka Merah Putih dan menyadari sepenuhnya konsep  bhineka Tunggal Ika. “ Indonesia tercinta adalah Negara Yang berbhineka Tunggal Ika, jadi tidak ada ruang bagi siapapun yang tidak bisa menerima perbedaan itu, ,” Tegasnya.
 
Lebih dari itu ia juga menyampaikan, Cinta Tanah Air dan Menjaga Persatuan Bangsa Dan Negara adalah Salah Satu Bagian Paling Penting  dari Nilai – Nilai yang telah ditanamkan oleh para Pendiri Bangsa Indonesia. “ Menjaga Keutuhan Bangsa adalah bentuk dari rasa syukur kita kepada Allah Swt, yang Telah Menganugerahkan Kemerdekaan kepada kita . Jadi Apapun Alasannya kita mesti melawan segala bentuk Faham – Faham radikalisme yang bisa mengancam keutuhan bangsa kita tercinta “ . Jelasnya
 
Mengakhiri penyampain dakwah islamiyah yang dibawakannya Indra Gunawan mengutarakan, dengan maraknya pemberitaan dan informasi melalui media – media  social, warga masyarakat mesti selektif dan teliti dalam menyerap sekaligus memahami informasi, jangan mudah terpancing terprovokasi isu – isu dari sumber yang tidak jelas “ Kita mesti jeli dan telioti dalam menerima dan menyerap informasi yang berkembang baik melalui Media cetak, media elektronik ataupun media – media social yang ada, karena dewasa ini banyak sekali Pihak – Pihak yang sengaja mengganggu kenyamanan kita dalam berbangsa dan bernegara dengan isu – isu yang sengaja dibuat – buat agar supaya kita terpancing dan bereaksi. Oleh Karen itu kita mesti teliti.,” Pungkasnya.
 
Sementara itu Kepala Desa Mapin Beru, Khaeruddin Manca  Dalam Sambutannya menyatakan dirinya sangat optimis dengan adanya kegiatan pengajian Rutin seperti yang dilaksanakannya saat ini,  akan bisa mempupuk Rasa Cinta Tanah air pada Warga desa. “ Kami Akan berupaya agar pengajian seperti ini tetap akan dilakukan secara Rutin minimal Setahun sekali  untuk menjaga rasa Kebersamaan dan Persatuan warga Desa “ Ucapnya.
 
Selain sebagai Ajang Silaturrahim  Diantara seluruh Warga Desa Menurut Khaeruddin Manca, Kegiatan Pengajian Yang diakhiri dengan Deklarasi Anti Faham Radikalisme Dan Terorisme  seperti sangat diperlukan, mengingat perkembangan Tehknologi Informasi dewasa cukup pesat yang menyebabkan mudahnya akses –akses informasi dari berbagai sumber,  tak terkecuali sumber – sumber informasi yang tidak jelas dan sengaja disebarkan oleh Pihak – pihak tertentu yang menginginkan terjadinya konflik dan perpecahan kita dalam berbangsa dan bernegara. “ Kegiatan Seperti ini adalah bentuk antisipasi kita sebagai pemerintah desa demi menjaga dan melindungi warga desa dari penyebaran faham – faham radikal,” Tuturnya.
 
Senada dengan Kepala Desa mapin Beru, Sekrataris Kecamatan Alas Barat, Amiruddin, S. Pd juga menyampaikan sambutan ditempat dan kegiatan yang sama. Dalam Sambutannya Sekcam Alas Barat menegaskan pentingnya kegiatan serupa di seluruh wilayah kecamatan Alas Barat. Untuk Membangun dan menjaga  Rasa Cinta Tanah Air pada seluruh elemen bangsa tak terkecuali seluruh warga desa demi keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Tercinta. “ Kegiatan ini sangat Penting dan saya harap desa – desa lain di kecamatan Alas Barat mesti melaksanakan kegiatan seperti ini agar supaya Wilayah Kecamatan Alas Barat terbebas dari segala bentuk penyebaran Faham- faham Radikalisme, “ Jelasnya. (** )

Sumber: https://bidikankamera.com/tangkal-radikalisme-pupuk-rasa-patriotisme-warga-kades-mapin-beru-gelar-pengajian-rutin-tahunan/