TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Menag Undang Seluruh Rektor Kampus Islam Bahas Radikalisme
Wednesday, 22 August 2018 | 23:01
Noor Hidayat Kurniawan
Berita

Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengundang Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Menag mengundang untuk halal bihalal sekaligus berdiskusi terkait radikalisme agama di lingkungan kampus.
 
"Kita berkumpul bersama dalam rangka halal bihalal sebenarnya sekaligus pertemuan ini kita manfaatkan untuk diskusi tentang radikalisme. Kecendrungan pemahaman dan tindakan ekstrem yang sekarang kita rasakan juga merambah ke perguruan tinggi kita, ini harus kita respon serius," kata Menag Lukman Hakim di Rumah Dinas Menteri Agama Komplek Widya Chandra III No 9 Jakarta Selatan, Jumat (29/6/2018).
 
Halal bihalal ini bertujuan untuk berdiskusi dan saling sharing antara rektor PTKIN seluruh Indonesia. Sharing ini bertujuan untuk mengatasi atau menanggulangi paham-paham radikalisme yang tersebar di lingkungan kampus.
 
Menag Lukman mengatakan sejauh ini belum ada indikasi perguruan tinggi islam yang terindikasi adanya penyebaran paham radikalisme di dalam lingkungan kampus itu. Ia mengatakan penanggulangan ini harus dilakukan di semua perguruan tinggi tidak hanya perguruan tinggi Islam saja.
 
"Ada dua hal harus diantisipasi secara serius yaitu mulai maraknya pemahaman keagamaan yang cenderung ekstrim. Ekstrim itu berlebih itu lawan kata moderat. Jadi pemahaman-pemahaman yang berlebihan ini menurut hemat kami harus betul-betul diseriusi gimana penanggulanganya," kata Menag Lukman.
 
"Kedua, dari pemahaman itu muncul tindakan pengamalan keagaman yang juga ekstrem, pengamalan tidak lagi moderat yang mudah menyalah-nyalahkan pihak yang berbeda dengan kita bahkan tidak hanya menyalahkan bahkan mengkafirkan sesuatu yang tidak hanya mengusik kehidupan keagamaan kita tapi juga merongrong atau mengancam keutuhan kita sebagai sebuah bangsa yang majemuk ini," sambungnya.
 
Untuk itu, dalam kesempatan ini, Menag Lukman berpesan kepada seluruh rektor agar merespons hal ini dengan serius. Ia juga berpesan agar para rektor memberikan sumbangsih pemikiran dan langkah-langkah yang kongkrit untuk menanggulangi hal itu.
 
"Yang harus diantisipasi serius yaitu mulai maraknya keagamanan yang cenderung ekstrim," kata Menag Lukman.
 
Acara halalbihalal sekaligus diskusi ini dimulai sejak pukul 17.00 WIB. Acara pertama yakni pembacaan ayat suci Alquran dan dilanjut salat magrib berjamaah.
 
Kemudian, acara kedua sekitar pukul 19.00 WIB diskusi bertema PTKIN vs Radikalisme Agama di Lingkungan Kampus. Dirjen Pendidikan Agama Islam Kamaruddin Amin direncanakan akan membuka acara diskusi. Kemudian Prof Azyumardi Azra dan Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Hamli direncanakan akan menjadi narasumber di acara diskusi itu.
(rvk/haf)
 
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4090621/menag-undang-seluruh-rektor-kampus-islam-bahas-radikalisme