TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Tiga Metode Dakwah Damai
Monday, 19 February 2018 | 14:01
Artikel

Allah SWT Berfirman: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapatkan petunjuk. (QS An-Nahl 16: 125)
 
Berdasarkan penjelasan dalam surat An-Nahl ayat 125, dakwah Islam dapat dilaksanakan dengan tiga model: Pertama, bil hikmah, yaitu dakwah yang dilakukan dengan perilaku baik dan benar dan bisa diteladani. Maka di sini dibutuhkan adanya konsistensi dalam setiap perbuatan yang dilakukan, tidak goyah dengan tantangan apapun.
 
Jika perilaku kita bisa menyentuh dan mengubah sikap seseorang, berarti di dalamnya terdapat hikmah. Dakwah dengan hikmah jauh lebih efektif: tantangannya relatif sedikit tapi membutuhkan ketelatenan dan sifat istiqomah. Dakwah dengan cara seperti ini ditempuh dengan membiarkan masyarakat melihat, menghayati dan mengikuti perilaku atau contoh keteladanan yang baik itu.
 
Kedua, bil mau’idlatul hasanah, yaitu cara dakwah dengan menyampaikan nasihat atau memberikan penjelasan-penjelasan keagamaan secara lisan. Pengajian-pengajian umum atau ceramah-ceramah keagamaan lain bisa dimasukan kategori ini. Sikap-sikap dan perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan norma dan etika agama, dijelaskan dan diperingatkan sehingga bisa kembali ke jalan yang benar.
 
Namun cara yang kedua itu seringkali mendapatkan tentangan, terutama ketika memasuki tahap nahi mungkar(mencegah kemungkaran/kemaksiatan). Menasehati orang agar meninggalkan kemaksiatan jauh lebih berat daripada mengajak kepada kebaikan.
 
Ketiga, dengan cara dialog dengan beradu argumentasi atau mujadalah. Dalam ayat di atas disebutkan dengan kalimat wajadilhum billati hiya ahsan (bantahlah mereka dengan cara yang baik).
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI