TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Penghargaan Terhadap Ajaran Agama Lain
Monday, 19 February 2018 | 14:03
Artikel

Pada satu sisi Islam memberikan batas yang jelas, bahwa “Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.” Tap pada aspek yang lain, Islam memberikan apresiasi terhadap agama lain. Kisah-kisah berikut ini layak direnungkan
 
Ketika terjadi pertempuran antara Persia (Majusi) dengan Romawi (Katholik), yang saat itu Romawi dikalahkan sama Persia, Nabi Muhammad SAW memberikan optimisme pada bangsa Katholik Romawi agar mereka bersabar karena tidak lama Lagi Romawi akan mengalahkan Persia. Dan umat Islam akan turut menyambut gembira atas kemenangan Kristen itu. Semuanya ini tertuang dalam surat Al-Quran yang monumental yaitu surat Ar-Rum (kerajaan Romawi).
 
Satu penghormatan lagi pada umat Kristen adalah ketika Nabi berkunjung ke Yatsrib (Madinah) di sana sedang tersiar isu bahwa Nabi Isa itu anak haram jadah, hasil perselingkuhan Maryam dengan Yusuf. Nabi membela kesucian Maryam dan Nabi Isa karena itulah kemudian turun Ayat Al Qur’an yang dinamakan dengan Surat Maryam. Surat ini menjadi cerita pitutur yang dipegang teguh kaum Muslimin hingga saat ini, sehingga mereka ini sangat menghormati nabi Isa dan Ibunya Siti Maryam, sebagai manusia yang suci.
 
Ada peristiwa sejarah lainnya yang menimpa umat Kristen di Arab, yang sama sekali tidak tercatat dalam sejarah kekristenan, tetapi Islam mencatatnya dengan rapi dalam Al-Qur’an. Raja Dzu Nuwas yang kejam membakar umat Kristen. Mereka dimasukkan kedalam parit-parit lalu dibakar hidup-hidup.
 
Itu semua menunjukkan simpati dan bahkan pembelaan Islam terhadap pemeluk agama Kristen, baik yang tercatat dalam Al-Qur’an maupun yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu tidak hanya dialog yang terjadi antara Islam dengan Kristen tetapi telah melangkah lebih jauh berbentuk kerjasama konkret bidang sosial dan kemanusiaan serta peradaban.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI