TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
MANFAATKAN DONGENG UNTUK SEBAR ISLAM RAMAH
Monday, 19 February 2018 | 12:35
Artikel

Salah satu fungsi dongeng adalah mengajarkan nilai moral yang baik kepada anak-anak. Memilih dongeng yang isi ceritanya bagus, akan tertanam nilai-nilai moral yang baik, termasuk nilai-nilai keislaman yang ramah.
 
Fungsi tersebut dimanfaatkan betul oleh Rustam Nawawi, penyuluh agama di Balai Diklat Semarang, Jawa Tengah.
 
Pada banyak kesempatan, seperti peringatan hari besar Islam, Rustam menggunakan media dongeng untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak yang mengikuti pengajiannya. Sementara mengisi pengajian rutin mingguan dan bulanan juga ia lakukan.
 
Menurut Rustam yang telah menerbitkan bukunya “Kiat Sukses Ceramah; Sampaikan Walau Satu Ayat”, setelah mendongeng ia menjelaskan mana yang baik yang patut ditiru dan mana-mana saja yang buruk dan tidak perlu ditiru dalam kehidupan sehari-hari.
 
Berbagai tindak kenakalan juga dapat dikurangi dari menanamkan perilaku dan sifat yang baik dari mencontoh karakter ataupun sifat-sifat perilaku di dalam cerita dongeng, dalam hal ini kisah-kisah Islami.
 
Anak-anak juga terlihat senang dan ikut larut ke dalam cerita dongeng, apalagi dalam dongeng tersebut, Rustam melakukan interaksi yang aktif dengan mereka.
 
Rustam meyakini melalui dongeng yang disampaikannya, anak-anak lebih mudah mencerna materi pengajian. Rustam pun tidak perlu repot-repot bagaimana memberitahu dan mengajarkan nilai-nilai yang perlu ditanamkan kepada anak-anak.  (*)
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam