TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Internet: Pilah dan Pilih untuk Anak
Monday, 19 February 2018 | 14:28
Artikel

Inovasi teknologi selalu memiliki dua implikasi yang berlainan layaknya dua sisi koin, baik-buruk atau manfaat-merugikan. Begitu juga dengan internet yang tergolong radical innovation, mampu mematikan inovasi maupun bentuk bisnis lainnya.
 
Banyak kalangan yang menganggap bahwa internet menjadi penyebab permasalahan-permasalahan sosial. Namun, kita juga tidak bisa menampik bahwa teknologi jejaring ini juga sangat membantu kehidupan manusia. Perlunya pemilahan dan pemilihan agar internet menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.
 
Untuk memudahkan para orang tua, remotivi.or.id memberikan rekomendasi situs di Internet yang dapat dijadikan pilihan untuk buah hatinya. Tentunya, situs-situs yang disajikan adalah situs yang ramah sekaligus mendidik buat anak-anak.Situ yang bagus misalnya Berani.id
 
Berani merupakan singkatan dari Berita Anak Indonesia. Portal berita daring ini berisi artikel edukatif yang dikemas secara ringan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Topik yang disajikan pun menarik dan beragam, seperti pengetahuan umum, teknologi, hingga tips agar anak dapat beradaptasi dengan sekolah dan pergaulan. Sius web ini bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca anak.
 
Selain itu situs Anakbertanya.comjuga bagus. Situs ini memiliki konsep sederhana namun brilian, yakni anak dapat mengajukan berbagai macam pertanyaan seputar pengetahuan umum, yang kemdian dijawab oleh para ahli di bidang tersebut. Selain itu, orang tuan juga dapat berkontribusi dengan menjawab pertanyaan anak-anak sesuai keahlian yang dimiliki.
 
Satu lagi situs yang bagus dan direkoemndasikan adalah Duolingo.com. Melalui situs ini, belajar bahasa asing jadi lebih menyenangkan. Duolingo menyediakan 17 bahasa asing, selain bahasa Inggris yang dapat anak-anak maupun dewasa pelajari dengan gratis. Pembelajaran di situs duolingo ini memiliki sistem yang rapi dan tingkat kesulitan yang bertahap. Duolingo juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi android.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI