TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Ini Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba
Monday, 19 February 2018 | 14:30
Artikel

Pada dasarnya akibat penyalahgunaan narkoba dapat dibagi menjadi akibat fisik dan psikis. Akibat yang terjadi tentu tergantung kepada jenis narkoba yang digunakan, cara penggunaan, dan lama penggunaan.
 
Beberapa akibat fisik ialah remaja dapat mengalami kerusakan otak, gangguan hati, ginjal, paru-paru, dan penularan HIV/AIDS melalui penggunaan jarum suntik bergantian.
 
Di samping akibat tersebut, terjadi juga pengaruh terhadap irama hidup remaja yang menjadi kacau seperti tidur, makan, minum, mandi, dan kebersihan lainnya. Lebih lanjut, kekacauan irama hidup memudahkan timbulnya berbagai penyakit.
 
Akibat psikis yang mungkin terjadi ialah sikap remaja yang berubah menjadi apatis, emosi labil, depresi, kecurigaan yang tanpa dasar, kehilangan kontrol perilaku, sampai mengalami sakit jiwa.
 
Akibat fisik dan psikis tersebut dapat mengakibatkan hal-hal lebih jauh yang mungkin mengganggu hubungan antara sosial dengan orang lain. Bahkan acapkali pula dapat merugikan orang lain.
 
Sebagai contoh, perkelahian yang dilakukan oleh remaja tanpa sebab yang jelas dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena pelaku tidak berada dalam keadaan normal, baik fisik maupun psikis remaja. Untuk itu mari hindari narkoba.
 
Jauhi Narkoba, dari sekarang!
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam