TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Ibu, Lakukan Ini Untuk Selamatkan Anak Kita dari Dampak Negatif Informas
Monday, 19 February 2018 | 14:18
Artikel

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tentunya memiliki dampak positif dan juga negatif. Sebagai orang tua, menjaga dari konten-konten negatif dan mengarahkan untuk mengakses konten-konten positif anaknya adalah suatu kewajiban.
 
Mendampingi dalam menggunakan media informasi
Tidak hanya memilihkan, orang tua juga seyogianya mendampingi anak ketika mengonsumsi media informasi. Apalagi media informasi seperti internet yang sangat beragam dan tak berurutan haruslah didampingi oleh orang tua.
 
Membuat kesepatakan aturan menggunakan media informasi
Orang tua harus membuat kesepakatan aturan dengan anaknya mengenai penggunaan media oleh anaknya. Penggunaan media yang terlalu sering tentunya tidak baik untuk anak karena banyak waktu yang terbuang nantinya.
 
Padahal kanak-kanak adalah masa untuk eksplorasi banyak hal.Pengaturan jadwal dan waktu untuk membatasi penggunaan media juga memberi pelajar kepada anak mengenai manajemen waktu, yang nantinya akan sangat berguna ketika dewasa nanti.
 
Menggunakan media informasi menjadi sarana belajar dan membuat proyek atau pekerjaan
Media tentunya tidak hanya berisi konten-konten negatif saja, tetapi banyak juga hal-hal yang positif. Oleh karena itu, orang tua harus mengarahkan anak-anak mereka agar lebih sering menggunakan media untuk hal-hal positif, membuat berbagai karya yang tentunya bisa meningkatkan perkembangan otak.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI