TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Hangatnya hubungan menjadi energy positif
Monday, 19 February 2018 | 14:16
Artikel

“Broken home” perceraian orangtua biasanya adalah salah satu factor penyebab terjadinya kenakalan seorang anak. Di saat ayah dan ibu bepisah maka tidak ada lagi cerminan keluarga. Karena cerminnya sudah retak bahkan pecah. Naudzubillah.
 
Keharmonisan keluarga adalah salah satu kunci kesuksesan dari semua anggotanya, termasuk ayah, ibu, dan anak-anak mereka. Sejauh apa keharmonisan keluarga yang mampu menjadi tolak balak?
 
Dalam keluarga, anak-anak adalah sosok yang masih memerlukan bimbingan orang tua. Secara informal, keluarga adalah guru pertama yang mengenalkan kehidupan.
Tetapi tidak jarang kita lihat, sebenarnya keluarga mereka masih utuh, namun mereka sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing. Mereka menyewa pembantu rumah tangga untuk mengurus anak-anak mereka.
 
Kecuekan keluarga seperti ini yang biasanya menyebabkan seorang anak akan melarikan diri dari keluarga dan mencari teman diluar sana yang mampu mereka sandari disaat lelah.
 
Keluarga bukan lagi menjadi sandaran terakhirnya. Namun yang lebih parah dari itu semua adalah hasrat ingin” dianggap” sebagai manusia, ingin diajak bicara, diajak bercerita kesehariannya tidak terpenuhi karena kesibukan orang tuanya.
 
Anak-anak yang lolos dari perhatian orang tua seperti ini biasanya yang gampang terjerumus dalam narkoba dan beberapa kenakalan remaja lainnya.
 
Selain  itu, kenakalan adalah cara mereka menyalurkan hasrat ingin diakui, hal ini juga ia tunjukkan pada orang tua sebagai wujud caper mereka.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam