TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Edukasi Pendidikan Seks Sejak Dini Kepada Anak
Monday, 19 February 2018 | 14:02
Artikel

Semakin maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur, menyebabkan kekhawatiran bagi orang tua. Masalahnya, kasus-kasus tersebut sering terjadi dan ada di sekitar.
 
Tak hanya di sekitar, kasus kekerasan seksual terhadap anak juga, tidak hanya dilakukan oleh orang yang tidak dikenal. Namun dalam beberapa kasus dapat terjadi dari orang yang terdekat.
 
Hal ini didasarkan oleh perilaku menyimpang dari pelaku dan tidak adanya kemampuan melawan dari sang anak. Berdasarkan peristiwa tersebut, sangat penting bagi orang tua untuk mengenalkan pendidikan seks kepada anak sejak dini. Misalnya kenalkan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain
 
Pendidikan seks sejak dini terhadap anak dapat dimulai dengan mengenalkan bagian-bagian tubuh dan fungsi-fungsinya.
 
Selanjutnya berikan dia penjelasan mana bagian tubuh yang boleh dilihat dan disentuh serta mana yang tidak. Seperti organ reproduksi, dada, bibir, dan bagian tubuh lainnya.
 
Selain itu penting pula untuk mengajarkan konsep perbedaan jenis kelamin kepada anak. Setelah anak mengenal bagian tubuh yang harus dilindungi, anak juga perlu mengetahui dengan jelas perbedaan jenis kelamin antara pria dan wanita.
 
Berikan contoh bahwa laki-laki akan menjadi ayah, yang bekerja untuk keluarga dan perempuan akan menjadi ibu yang merawat di rumah.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam