TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Dakwah Ramah Tanpa Amarah
Monday, 19 February 2018 | 13:36
Artikel

Posisi dakwah dalam peyiaran ajaran Islam sangat sentral danstrategis. Berdakwah berarti mengkomunikasikan ajaran Islam kepada masyarakat, dimana dai menyampaikan pesan ajaran Islammelalui lambang-lambang kepada mad’u, dan mad’u menerimapesan yang disampaikan, mengolahnya dan kemudian meresponnya.Dalam proses ini, terjadi pengoperan pesan dari da’i kepada mad’udan mad’u menginterpretasikan pesan tersebut. Dari proses tersebut,diharapkan dapat memberikan dampak terhadap perubahankepercayaan, sikap dan tingkah-laku mad’u ke arah yang lebih baik,lebih Islami.
 
Islam mengajarkan umatnya agar bersikap lemah lembut dalam berdakwah atau mengajak kebaikan. Rasulullah dikenal dengan kelemahlembutannya dalam mengemban risalah Islam.
Karena sikap lemah lembut beliau itu pula Islam memiliki daya tarik sangat kuat.Kelemahlembutan Rasul merupakan bagian dari rahmat Allah yang tak terbatas. Kelemahlembutan adalah sifat yang ditanamkan Tuhan kedalam jiwanya terkait dengan fungsinya sebagai dai. Sifat ini hendaknya mewarnai kehidupan para dai sebagai pelanjut risalah dakwah.
 
Bersikap lemah lembut juga merupakan bagian dari kasih sayang. Salah satu faktor penunjang keberhasilan sebuah dakwah adalah sang dai memiliki sifat lemah lembut, serta tidak menunjukkan watak yang keras lagi kasar. Sifat inilah yang senantiasa dipraktikkan oleh Rasulullah SAW. yang seandainya beliau bersikap kasar dalam berdakwah, tentulah umat manusia yang beliau dakwahi justru akan menjauhkan diri dari beliau.
 
Kalau kita melihat sejarah dakwah Rasulullah SAW, beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar, apalagi kekerasan dalam menyeru manusia untuk hidup di jalan Allah.
 
Beliau menggunakan tutur kata yang santun dan perilaku yang ramah sebagai metode dakwah. Dengan metode tersebut, dakwah Rasulullah SAW meraih sukses. Dalam waktu relatif singkat, beliau bisa mengislamkan jazirah Arabia. Sikap inilah yang harus dicontoh oleh umat Islam saat ini.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI