TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
DAHSYATNYA KEKUATAN ZAKAT SEBELUM NISHAB
Monday, 19 February 2018 | 13:39
Artikel

Di sejumlah desa di Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, ada "zakat" ditunaikan meski belum mencapai nishab. Warga secara suka rela mengumpulkan uang receh tiap hari.
 
Memang receh bila hanya beberapa saja, tapi sejatinya ratusan juta ketika terkumpul berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Dengan berbagai lika-liku  dan ketelatenan, gerakan ini efektif membangun kemandirian rakyat kampung. Warga adalah tak hanya penderma tapi juga penerima manfaat dari sedekah kolektif itu.
 
Hasil yang kini terlihat luar biasa. Poliklinik ZIS seluas seribu meter persegi berdiri megah dari kantong umat sendiri. Begitu pula penyediaan ambulans jenazah dan orang sakit.
 
Layanan kesehatan disediakan secara cuma-cuma, termasuk untuk para ibu yang menjalani proses persalinan. Di luar sektor kesehatan, manfaat yang terasa juga tampak di segi infrastruktur. Dana sedekah tersebut telah membuahkan ratusan lampu dan menerangi hampir seluruh sudut jalanan desa yang sebelumnya gelap gulita.
 
Belum lagi soal bantuan-bantuan sosial dan berbagai pembiayaan rutin untuk sejumlah fasilitas publik. Santunan diberikan kepada mereka yang benar-benar miskin, tak terkecuali para janda jompo.
 
Sementara sejumlah ongkos rutin yang juga ditanggung meliputi listrik masjid, serta insentif untuk beberapa imam, marbot, dan guru ngaji. Semua dilakukan sepengetahuan dan atas persetujuan masyarakat setempat.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam