TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Cara untuk Mencegah Narkoba
Monday, 19 February 2018 | 13:30
Artikel

Indonesia sejak orde baru (Orba) sampai sekarang yang namnya permasalahan narkoba tidak kunjung terselesaikan. Entah apa yang sebenarnya terjadi, jika kita terus mengabaikan permasalahan ini, dampak negatifnya pun akan terasa kemudian.
 
Jika seorang remaja sudah kecanduan terhadap narkoba maka remaja itu akan mengalami ganguan-ganuan secara mental ataupun secara psikologis, bahkan bisa menganggu kesehatan dirinya sendiri.
 
Sebelum itu terjadi maka kita harus mengenalkan setidaknya apa yang kita tahu tentang pengaruh narkoba terhadap remaja apalagi jika sudah kecanduan, agar para remaja tidak mendekatkan diri pada narkoba.
 
Karena jika sudah kecanduan maka remaja itu akan anti sosial, ingin sendirian terus tidak mau ada yang menganggunya. Ganguan jiwa jelas akan dialami oleh si-pecandu.
 
Jika sudah begitu, bisa-bisa ia akan melakukan bunuh diri karena depresi akibat ganguan psikologinya. Bayangin jika itu terjadi pada remaja Indonesia? Lalu siapa yang akan meneruskan keberlangsungan bernegara? Bukankan remaja (pemuda) adalah harapan bangsa? Masihkah kita diam apatis terhadap bahaya narkoba?
 
Ada beberapa faktor yang mengakibatkan si-pecandu terjerumus pada narkoba. Bisa akibat kencaman keluarga, teman sebayanya, bisa juga karena tekanan dari orang-orang di sekelilingnya.
 
Biasanya remaja memilih mencari hal yang baru yang mengasikan, jika salah pergaulan bisa jadi ia akan terjerumus ke hal yang negatif. Agar remaja itu bisa terhindar dari bahaya narkoba, maka keluarganya yang paling utama harus selalu negingatkan baiagmina cita-cita yang ingin dicapai.