TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Buatlah Aturan, Berikan Pujian, dan Bantu Anak Anda
Monday, 19 February 2018 | 13:22
Artikel

Berikut adalahbeberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan anak Anda dari bahaya Narkoba. Tips ini adalah bagian dari cara membangun hubungan positif dengan anak-anak Anda dan mulai berbicara dengan mereka tentang Narkoba.
 
Buat peraturan yang jelas secara konsisten. Mengapa? Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua menetapkan peraturan yang ketat atau tidak ada peraturan, anak-anak cenderung seenak hati.
 
Namun, sebelumnya diskusikan terlebih dahulu peraturan, harapan, dan konsekuensi. Jika aturan dilanggar, pastikan untuk menerapkan konsekuensinya. Ini mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka.
 
Beri pujian saat anak-anak Anda mengikuti peraturan dan memenuhi harapan. Jadilah teladan positif. Karena anak cenderung meniru orang tuanya,  tunjukkan cara untuk memecahkan masalah, bersenang-senang, dan atur stres tanpa menggunakan alkohol atau Narkoba.
 
Ingat bahwa Anda memberi contoh. Hindari kontradiksi antara kata-kata dan tindakan Anda. Jangan sampai, Anda ingin menjauhkan anak dari alkohol dan Narkoba tapi Anda sendiri memakainya.
 
Bantu anak-anak Anda memilih teman dengan bijak. Mengapa? Bila anak memiliki teman yang tidak terlibat dalam perilaku berisiko, mereka cenderung tak melakukannya juga. Bagaimana caranya?
 
Bantu anak-anak Anda merasa nyaman dalam situasi sosial. Kenali teman anak-anak Anda dan keluarga mereka. Libatkan anak-anak Anda dalam kegiatan kelompok positif, seperti tim olahraga dan anggota belajar kelompok.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam