TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Bentengi Diri dari Narkoba
Monday, 19 February 2018 | 12:15
Artikel

Semua orang yakin dirinya tidak akan pernah menyalahgunakan narkoba. Terlebih berbagai macam iklan tentang bahaya narkoba semakin gencar dilakukan, baik pemerintah maupun komunitas peduli anti-narkoba.

Namun kenyataannya, hampir sebagian masyarakat pernah menerima tawaran salah satu jenis narkoba. Penawaran terjadi dalam kehidupan sehari-hari, pada setiap waktu dan di setiap tempat.

Menjadi ironis karena tawaran itu datang bukan dari orang asing, melainkan dari orang-orang yang justru dekat dengan kita.

Menurut analisis Dr. Graham Blaine (psikiater), penyebab seseorang mengkonsumsi narkoba tidak hanya berasal dari keinginan individu itu sendiri akan tetapi juga berasal dari lingkungan sekitarnya.

Pada mulanya orang tersebut menolak. Namun karena bujukan yang terus-menerus, ditambah rasa ingin tahu, ingin mencoba, apalagi diberikan secara gratis, akhirnya ia mau menerima, dan pemakaiannya berlanjut.

Kondisi seperti ini hampir dialami semua pengguna baru narkoba. Mereka tidak siap ketika menghadapi situasi penawaran narkoba. Meskipun sebenarnya mereka tahu bahayanya, namun belum tentu mampu menolaknya.

Untuk itu perlu sikap percaya diri, agar mampu menolak tekanan kelompok sebaya. Berikan alasan yang jelas mengapa kita perlu menolak. Teguhkan hati walaupun mendapat bujukan berulang kali.

*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam