TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Belajar dari Madinah
Monday, 19 February 2018 | 13:09
Artikel

Piagam Madinah dideklarasikan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat beliau hijar ke Yatsrib atau Madinah dan memulai peradaban baru di kota ini. Piagam Madinah atau dalah bahasa Arab “shahifah al madinah”atau terkadang disebut “Konstitusi Madinah”.
 
Semuanya hidup rukun dan bebas menjalankan agama masing-masing di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad. Kehidupan itulah yang menyebar ke seluruh dunia bersamaan dengan penyebaran agama Islam ke tengah bangsa yang lain.
 
Piagam Madinah ini merupakan suatu perjanjian formal antara beliau dengan semua suku-suku dan kaum-kaum penting di Madinah pada tahun 622 M. Piagam tersebut disusun sejelas-jelasnya dengan tujuan utama untuk menghentikan pertentangan sengit antara Bani 'Aus dan Bani Khazraj di Madinah.
 
Dokumen tersebut sebagaimana dikutip oleh Ibnu HisyamdalamSirah an-Nabiy yang berisi 47 pasal telah menetapkan sejumlah hak-hak dan kewajiban-kewajiban bagi kaum Muslim, kaum Yahudi, dan komunitas-komunitas pagan Madinah; sehingga membuat mereka menjadi suatu kesatuan komunitas, yang dalam bahasa Arab disebut ummah.
  
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI