TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Bagaimana Seharusnya Sikap Orang Tua
Monday, 19 February 2018 | 13:10
Artikel

Sebagai orang tua tentu kita tidak pernah berharap anak-anak kita terjerumus dalam kubangan Narkoba. Meskipun kasih sayang yang diberikan orang tua terhadap anak cukup dan telah memberikan teladan yang baik, tepi masih ada kemungkinan seorang anak akan menyalahgunakan narkoba. Hal ini karena tekanan lingkungan atau teman kelompok sebaya sering cukup kuat untuk mengalahkan pengaruh baik dari orang tua.
 
Jika kenyataannya musibah itu datang ke kita, lantas bagaimana kita harus bersikap?
 
Jika kita mengetahui anak kita jadi pecandu narkoba, sebaiknya kita harus tetap tenang, jangan panik. Kita harus bisa menguasai gejolak perasaan yang tak menentu dengan lapang dada dan bersabar.
 
Kita juga tidak perlu menunjukkan amarah ke orang sekitar. Menyalah istri atau suami, apalagi anak yang menjadi korban pengguna. Karena hal tersebut hanya akan memperburuk suasana di dalam keluarga, dan tidak mengatasi masalah.
 
Yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki komunikasi dengan anak. Kita bisa berdialog secara terbuka (timbal balik) penyebab ia mengkonsumsi narkoba; seberapa sering ia memakai; termasuk bagaimana awalnya ia mengenal obat terlarang itu.
 
Upaya ini memang tidak mudah, apalagi kalau si anak sudah mencapai taraf kecanduan. Ia akan terus menerus menutupi kesalahannya, dan tidak mau secara terbuka bercerita. Namun sesulit apapun, cara ini harus ditempuh orang tua karena dari sini orang tua akan mengetahui penyebab utama ia menggunakan narkoba.
 
Tetap semangat ayah bunda. Berilah harapan selalu bagi mereka.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam