TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
BAGAIMANA ORANG TUA BISA MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA?
Monday, 19 February 2018 | 12:55
Artikel

Penelitian menunjukkan bahwa alasan utama anak-anak tidak menggunakan Narkoba adalah karena orang tua, karena pengaruh positif yang diciptakan dan karena kekhawatiran anak  akan mengecewakan orang tuanya. 
 
Itulah mengapa sangat penting agar orang tua membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak mereka untuk mewaspadai penyalahgunaan Narkoba. Kabar baiknya, hal itu mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun hubungan positif dengan anak-anak Anda dan mulai berbicara dengan mereka tentang Narkoba.
 
Membangun dan memelihara komunikasi yang baik dengan anak-anak Anda. Mengapa? Semakin baik Anda mengenal anak-anak Anda, semakin mudah membimbing mereka menuju kegiatan positif dan pertemanan.
 
Caranya, bicaralah dengan anak-anak Anda setiap hari. Bagikan apa yang terjadi pada Anda dan tanyakan apa yang terjadi pada mereka di siang hari. Ajukan pertanyaan yang anak-anak tidak dapat menjawab dengan "ya" atau "tidak", seperti pertanyaan tentang kegiatan menarik apa yang dilakukan anak Anda hari ini.
 
Tanyakan pendapat pada anak Anda dan sertakan mereka dalam mengambil keputusan. Tunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda menghargai pemikiran dan masukan mereka.
 
Dengarkan kekhawatiran anak atau remaja Anda secara tidak menghakimi. Tunjukkan pada dirinya bahwa Anda mengerti tanpa terlibat lebih jauh dalam kehidupannya, agar tak terkesan over protektif.
 
Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang anak Anda ingin lakukan setiap hari. Dukung kegiatan anak-anak Anda dengan menghadiri acara khusus, seperti pertunjukan dan permainan, dan pujilah mereka atas usaha mereka.
 
Bantu anak-anak Anda mengatasi masalah dengan menanyakan apa yang salah saat mereka tampak kesal dan membiarkan mereka tahu bahwa Anda ada untuk membantu.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam