TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Bagaimana Agar Keluarga Kita Terhindar Dari Narkoba?
Monday, 19 February 2018 | 12:50
Artikel

Permasalahan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia semakin marak dan kompleks, terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna, pengedar yang tertangkap dan pabrik Narkoba yang dibangun di Indonesia.
 
Perkembangan tindak pidana penyalahgunaan Narkoba secara tidak bertanggung jawab juga sudah semakin meluas di kalangan masyarakat. Kalau dulu, peredaran dan pecandu Narkoba hanya berkisar di wilayah perkotaan, kini dapat dikatakan tidak ada satupun kecamatan, atau bahkan desa di Republik ini yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.
 
Selain itu penyebarannya juga telah merambah ke segala penjuru strata sosial ekonomi maupun kelompok masyarakat, dari keluarga miskin hingga konglomerat, dari anak muda hingga orang tua.
 
Mirisnya lagi, dan ini yang menjadi kekhawatian bersama, anak-anak SD sudah mengenal obat terlarang ini dalam bentuk permen. Meskipun mereka tidak tahu kalau yang dikonsumsi di dalamnya mengandung zat adiktif.
 
Lalu bagaimana upayanya agar diri kita juga lingkungan sekitar bisa terhindar dari penyalahgunaan Narkoba? Hal paling utama yakni harus dimulai dari internal keluarga. Orang tua khususnya, harus berusaha mendidik atau mengawasi putra-putrinya agar tidak terlibat perkara Narkoba.
 
Mendidik dalam arti selalu mengingatkan secara terus menerus  putra-putrinya supaya tegas menolak ajakan, bujuk rayu, termasuk di dalamnya mengajarkan tentang nilai-nilai moral, agama dan sosial kemasyarakatan.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam