TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Ayah Bunda, Awas Game GTA
Monday, 19 February 2018 | 12:57
Artikel

Ayah Bunda harus tahu, ada games bernama GTA. Games GTA yang digandrungi anak-anak ini memicu agresifitas anak untuk berperilaku menyimpang.
 
Anak bisa meniru adegan-adegan kekerasan yang ada di dalamnya. Apalagi, permainan GTA tampak menyenangkan untuk dimainkan karena inovatif dan memberikan kebebasan pada pemainnya untuk bereksplorasi, termasuk kebebasan melakukan kekerasan.
 
Seiring berjalannya waktu anak mulai berpikir lebih agresif. Saat diprovokasi di rumah, di sekolah atau dalam situasi lain, anak akan bereaksi seperti yang mereka lakukan saat bermain video game kekerasan. 
 
Bahaya game GTA diperparah karena perilaku kekerasan dibuat layaknya hal yang menyenangkan dan membuat candu. Mulai dari melanggar lalu lintas, menabrak orang hingga melakukan "seks bebas" sebagai bonus permainannya.
 
Karena itu, diharapkan orang tua bisa waspada dan senantiasa memantau anak-anaknya dalam menggunakan dan memainkan permainan. Sebab, anak kecil cenderung memiliki sikap yang ingin meniru apa yang dilihat mereka.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam