TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Awas Situs Penyedia Narkoba dan Barang Ilegal
Monday, 19 February 2018 | 12:39
Artikel

Ada sejumlah situs di internet yang menjual barang terlarang. Tidak hanya narkoba, dalam situs tersebut jugaada marketplace yang menyediakan barang-barang ilegal dari mulai film bajakan hingga senjata ilegal yang siap digunakan oleh para kombatan.Orangtua harus waspada dan mendampingi putra putri dalam berselancar di dunia maya.
 
Tercatat, bahwa transaksibarang terlarang pada situs deep webpada tahun 2013-2015 mencapai $50 juta, angka yang cukup fantastis. Marketplace online yang ada di deepweb ada tiga, Agora, SilkRoad 2 dan Evolution, yang dalam transaksinya menggunakan mata uang dunia maya, bitcoin, yang nilai tukarnya sangat fluktuatif terhadap dolar Amerika Serikat.
 
Dengan adanya fakta tersebut, bukan hal yang tidak mungkin kalau para pemain narkoba di Indonesia juga menggunakan teknologi internet seperti ini. Pada kasus-kasus sebelumnya juga telah ditemukan kejahatan melalui media daring seperti prostitusi online.
 
Jadi, perlu adanya kewaspadaan atau perhatian khusus dari pihak kepolisian untuk mengawasi peredaran transaksi narkoba melalui media daring seperti deep web. Sehingga, tim Cyber Polri tugasnya tidak hanya mengurusi ujaran kebencian, tetapi juga peredaran narkoba di dunia maya.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI