TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Apa itu Islam Kaffah?
Monday, 19 February 2018 | 12:45
Artikel

Imam Qaffal berkata: kata kaaffah berarti “keseluruhan” bisa dikembalikan kepada mereka yang diperintah masuk Islam, sehingga maksudnya: masuklah kalian kesemuanya dalam agama Islam dan janganlah berpisah-pisah dan jangan pula berbeda-beda.
 
Kata kaaffah berarti “keseluruhan” juga dapat dikembalikan kepada Islam, yakni seluruh syariat Islam. Al-Wahidi ra berkata: pendapat ini lebih layak dengan dhahirnya tafsir karena mereka (orang-orang mukmin) diperintah melaksanakan keseluruhan syariat Islam.
 
Terkait istilah kaffah ini, Dr Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir menjelaskan, agama Islam sesuatu yang utuh yang tak boleh dipecah-pecah, maka barang siapa beriman kepada islam maka ia wajib mengambil keseluruhannya.
 
Jadi dia tidak boleh memilih hukum Islam yang ia senangi dan meninggalkan hukum Islam yang tidak ia sukai atau mengumpulkan antara Islam dan agama-agama yang lain, karena Allah Ta’ala memerintahkan mengikuti seluruh ajaran-ajaran Islam, menerapkan semua kewajiban-kewajibannya dan memuliakan semua aturan-aturannya tentang halal dan haram.
 
Adapun terkait penerapan syariat Islam dalam kehidupan bernegara (konstitusi) dan dalam kehidupan bermasyarakat (kultur) adalah tanggung jawab bersama setiap muslim. Artinya, syariat Islam tak boleh terlalu dipaksakan ke dalam sistem negara yang majemuk. Usaha menerapkan hukum Islam dalam konstitusi negara harus dilaksanakan dengan cara-cara yang jauh dari kekerasan.
 
Dalam kehidupan pelajar dan masyarakat secara umum, kita dapat membut kesimpulan serupa bahwa Muslim yang kaffah bukan hanya berupaya menjalankan ibadah dan syariat Islam lainnya, tetapi juga perilaku seperti tidak memaksakan kehendak, taat pada konstitusi negara, dan menjaga tradisi serta budaya yang berkembang di tengah masyarakat juga termasuk upaya mempraktikkan diri sebagai Muslim yang kaffah.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI