TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
4 FAKTA PENTING TENTANG NARKOBA YANG WAJIB KAMU TAHU
Monday, 19 February 2018 | 12:17
Artikel

Di era ini yang serba canggih ini tentunya tantangan sebagai generasi muda  semakin berat.  Banyak hal yang harus dipilah-pilah agar menjadi generasi positif, yang berbakat menjadi pemimpin transformatif di masa depan. Pertanyaannya siapkah untuk menjadi pemimpin transformatif? Tentunya, banyak hal yang perlu dilakukan termasuk di antaranya mengantisipasi diri dari pengaruh Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza).
 
Jangan percaya deh, kalau ada teman atau siapa pun yang bilang, kalau "Nggak berani nge "drugs" berarti nggak gaul". Yakin aja, hidup sehat, jadi pemuda kreatif dan inovatif itu lebih gaul dari pada mencicipi obat-obat nggak jelas dan berefek negatif.  Yah, hitung-hitung jaga diri biar tidak menambah daftar pecandu zat adiktif di Indonesia yang setiap tahun meningkat.
 
Bayangkan saja, Badan Narkotika Nasional memperkirakan jumlah pengguna Narkoba di Indonesia akan terus meningkat. Tahun 2015, diprediksi angka prevalensi pengguna Narkoba mencapai 5,1 juta orang. Angka yang jelas cukup fantastis jika dipersentasekan dari keseluruhan warga Indonesia.
 
Padahal, dari segi dampak, Narkoba mempengaruhi segala lini organ dan kehidupan pengguna. Berikut dampak Narkoba bagi penggunanya:
 
1. Bersifat Stimulan.
 
Narkoba bisa berefek menjadi stimulan yang membuat penggunanya lebih bertenaga, berani dan kuat. Akibatnya, fungsi otak dan jantung menjadi berlebihan sehingga bisa berdampak pada kematian. Selain itu, pengguna akan merasakan kesenangan dan kebahagiaan sesaat yang seringkali menjadi alasan bagi pengguna untuk memakai obat berbahaya ini. Padahal, dampak kesenangan sesaat itu bisa fatal.
 
2. Bersifat Adiktif.
 
Narkoba juga bersifat adiktif yang bisa membuat penggunanya kecanduan. Dalam hal kronis, pengguna bisa saja melakukan segala hal demi mendapatkannya.
 
3. Bersifat Halusinogen.
 
Selain itu Narkoba juga berefek halusinogen yang membuat para penggunanya berhalusinasi terhadap hal yang tidak tampak dan sebenarnya tidak ada.
 
4. Bersifat Depresan.
 
Yang paling membahayakan, Narkoba bersifat depresan karena bisa mengurangi efek fungsional bagian tubuh dan sistem syaraf pusat yang membuat penggunanya tidak sadarkan diri dan tertidur. Bahkan, efek ini bisa berujung pada berhentinya napas untuk selamanya.
 
Dari berbagai dampak yang ditimbulkan, wajar saja kalau Narkoba masuk dalam obat-obat terlarang.  Sudah tahu kan dampak negatif yang ditimbulkan, So, jauhi Narkoba atau mati sia-sia.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam