TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Buat Hubungan Saling Menyayangi
Monday, 19 February 2018 | 13:23
Artikel

Anak adalah harta yang paling berharga yang pernah kita miliki. Mereka adalah titipan yang wajib dijaga. Bahkan masa depan pertama kali yang mengarahkanpun dari orangtua, karena guru pertama yang bisa menjadi teladan adalah orang tua, orang yang pertama kali dilihat dan dikenal oleh anak-anak kita. Dengan kehidupan yang semakin modern, semakin banyak pula bahaya yang tanpa kita sadari bisa merusak pemikiran dan masa depan anak kita.
 
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, gadget sudah beredar dan semakin maju dewasa ini. Bahkan orangtuapun sering lalai dan membiarkan anak bermain dengan gadget tanpa memperhitungkan waktu yang hanya terbuang sia-sia dengan gadget. Meski anak-anak tidak bisa menggunakan dan mengaplikasikannya sesuai fungsinya gadget sendiri tapi dengan membiarkan mereka bermain game online tanpa sepengetahuan dan pengawasan kita itu juga akan menjadi senjata besar dalam memperburuk tingkat kecerdasan anak.
 
Dalam perkembangan anak ibulah yang sangat berperan besar, karena memang kedekatan anak seringkali condong pada ibu, dan tugas seorang ibu memang mencerdaskan anak, tapi tidak jugaa menutup kemungkinan seorang ayah. Bagi para orang tua khususnya seorang ibu penting sekali memberi waktu kepada anak, agar hubungan saling terjaga dan menarik anak untuk selalu bercerita tentang hal apa saja yang terjadi di luar sana.
 
Dalam hal ini saya mengambil contoh anak yang sudah ketagihan dengan game online. Pasti banyak waktu yang tersita dengan hanya bermain game online, bahkan game tersebut dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku didalam kehidupan kesehariannya. Lebih berbahaya lagi ketika game itu ada unsur perkelahian, hal itu bisa menjadi data pada anak yang ketika ada kejadian yang hampir mirip di ceritakan digame tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah melawannya. Karena seorang anak jika mendapatkan data yang baru akan masuk dalam ingatan tanpa adanya penyaringan mana yang baik dan buruk. Maka untuk itulah pentingnya rangkulan dari orangtua dalam proses pertumbuhan anak.
 
Membuat hubungan saling menyayangi yaitu dengan saling meluangkan waktu anatara anak dan orangtua adalah kunci dari kesuksesan buah hati anda. Karena ketika kita selalu berada disamping anak, mengawasi dan mendukung apa yang dikerjakan, itu akan menjadi salah satu semnagat yang besar dan rasa tanggung jawab anak kepada orang tua agar tidak mengecewakannya. Untuk itu marilah mewujudkan semangat dan dorongan kepada anak sedari dini menuju masa depan anak yang cerah. Karena buah yang baik didapatkan dari biji yang baik dan bagus kwalitasnya.
 
*Tim Cyber Ditjen Bimas Islam Kemenag RI