Ini Kiat-Kiat Tingkatkan Serapan Anggaran Menurut Dirjen Bimas Islam

  • Monday, 07 August 2017 | 10:01
  • Administrator
Jakarta, bimasislam – Memasuki triwulan II tahun anggaran 2017, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam terus menggenjot realisasi anggaran. Meski terjadi restrukturisasi organisasi di lingkungan Bimas Islam, namun hal ini tidak menjadi hambatan serius bagi pelaksanaan anggaran. Hal ini telah diantisipasi oleh seluruh pengambil kebijakan, sehingga perubahan nomenklatur, baik pemekaran maupun penyatuan tidak menghambat penyerapan anggaran. Hal ini mengemuka dalam rapat pimpinan pelaksanaan anggaran tahun 2017, Senin (7/8), bertempat di Operating Room Lt. III Gd. Kementerian Agama Jl. MH. Thamrin Jakarta. Kegiatan ini dihadiri para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Ditjen Bimas Islam.
 
Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, menegaskan pentingnya perencanaan pelaksanaan program. Menurutnya, perencanaan yang baik berdampak terhadap ketepatan pelaksanaan program, sehingga tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun anggaran. Karena itulah, Dirjen mengajak seluruh pejabat Bimas Islam untuk memastikan jadwal pelaksanaan kegiatan tersusun secara baik dan terukur.
 
“Kami akan pastikan semua kegiatan Bimas Islam tepat waktu dan terlaksana secara baik. Karena itulah kita perlu menyusun perencanaan, meningkatkan koordinasi antar unit dan melaksanakan secara baik dan benar,” ungkapnya saat memberikan sambutan.
 
Muhammadiyah Amin mengingatkan pentingnya serapan anggaran yang disertai kualitas program. Bimas Islam saat ini tengah menggenjot kualitas layanan publik yang cepat dan mudah. Di sisi lain, penguatan peran KUA dan penyuluh merupakan program prioritas Bimas Islam. Karena itulah, seluruh unit agar dapat merencanakan program yang akan menunjang kualitas layanan publik dan penguatan peran KUA dan penyuluh agama Islam.
 
Disinggung perihal masih bergabungnya pencairan Direktorat KUA dengan Direktorat Urais dan Binsyar, Muhammadiyah berpesan agar koordinasi antar dua direktorat ditingkatkan sehingga program kerja dan serapan dapat berjalan sesuai rencana.
 
Menanggapi hal tersebut, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen, menyambut baik inisiatif pelaksanaan rapat pimpinan yang akan dilaksanakan secara rutin. Menurutnya, rapim ini sangat penting dalam memecahkan berbagai hambatan yang seiring mengganggu pelaksanaan program.
 
“Kami sarankan agar hari Senin dan Selasa kita optimalkan untuk rakor internal. Ini penting untuk menggenjot realisasi anggaran dan berbagai hambatannya.” Pungkasnya.
 
(Jaja Zarkasyi-Syamsuddin/foto:bimasislam)