Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin!
BERITA
Tingkatkan Kompetensi, Bimas Islam Latih Skill Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan Pejabat
  • Friday, 01 April 2016 | 15:23
  • berita
Bogor, BimasislamDitjen Bimas Islam terus menggenjot kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Setelah menggelar assessment untuk memetakan potensi pegawai bulan lalu, kali ini Bagian Ortala dan Kepegawaian Setditjen Bimas Islam menggelar  Workshop Skill Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan Bimas Islam. Kegiatan yang dihelat di Hotel 101 Bogor ini dilaksanakan dengan menggandeng konsultan pengembangan SDM Tosora Solution.
 
Dalam kegiatan berbentuk workshop ini peserta diberikan materi-materi kepemimpinan dan manajemen perubahan di dunia birokrasi. Tak hanya konsep, peserta juga dibekali dengan cara-cara praktis bagaimana menghadapi masalah, menyelesaikan tekanan pekerjaan, dan problematika lain yang biasa dihadapi di dunia kerja. Selain itu, dalam kegiatan yang berlangsung dari 30 Maret hingga 1 April ini peserta juga dikenalkan bagaimana tipe-tipe persoalan dan pola kepemimpinan yang cocok untuk menghadapi pegawai dengan karakter- yang berbeda-beda.
 
Dalam sambutannya, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengatakan bahwa Bimas Islam akan terus meningkatkan kompetensi pegawai, khususnya calon-calon pemimpin di semua level, khususnya eselon 4 dan 3. “Tuntutan reformasi birokrasi mengharuskan pegawai memiliki kompetensi yang cukup untuk me-manage birokrasi yang efektif dan transparan.” ujar Amin.
 
Yang menarik dari kegiatan ini adalah konsep acara yang dikemas secara aplikatif, tidak hanya teori, tetapi bagaimana seluruh peserta dapat menyerap konsep kepemimpinan melalui sejumlah games dan role playing, sehingga bisa diinternalisasi secara langsung.
 
Kepala Bagian Ortala dan Kepegawaian Ditjen Bimas Islam, Eddy Mawardi, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan kemampuan pegawai. “Insya Allah ke depan kegiatan serupa akan digelar kembali dengan melibatkan seluruh pegawai, paling tidak secara bertahap jika anggarannya belum mencukupi.” katanya saat menyampaikan sambutan penutupan acara.
 
Kegiatan full training ini diikuti oleh 60 peserta, terdiri dari pejabat eselon 3 dan 4, serta sejumlah tenaga pelaksana. Beberapa materi yang diterima peserta antara lain Developing People and Team Members, Delegation and Leadership Styles, Personality Types, Effective Communication Coaching and Feedback, Creative Thinking, dan Leadership Vision. Pantauan Bimasislam peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan dan menyampaikan kesan yang positif. (thobib-sigit/bimasislam)