Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Kamis , 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Tambah Rasio Penghulu, Kanwil Sulsel Uji Kompetensi 170 Kepala KUA Non Penghulu

  • Monday, 28 August 2017 | 15:33
  • Syam
  • berita
Makassar, bimasislam-- Untuk memenuhi rasio jumlah penghulu di wilayahnya, Kanwil Kemenag Provinsi Sulwesi Selatan menyelenggarakan Uji Kompetensi 170 Kepala KUA non penghulu yang tersebar di seluruh provinsi Sulsel. Acara dilaksanakan selama dua hari (28-29/8/17).
 
Dalam laporannya, Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Suksel, Iskandar Fellang, menyatakan bahwa jumlah KUA berdasarkan PMA di Sulsel sebanyak 281, 29 belum ada Kepala KUA definitif. Dari jumlah tersebut hanya 61 orang penghulu, sehingga ada gap yang tinggi antara jumlah KUA dengan ketersediaan penghulu.
 
"Jumlah KUA di Sulsel sebanyak 281 dengan 29 yang belum definitif. Sementara jumlah penghulunya hanya 61 orang. Artinya untuk memenuhi rasio setiap KUA ada 1 penghulu, maka dibutuhkan kekurangan sebanyak 220 penghulu. Dengan inpassing ini diharapkan ada penambahan jumlah penghulu", terangnya.
 
Pelaksanaan Uji Kompetensi ini merupakan cara efektif melalui program inpassing sesuai dengan Peraturan Menpan RB Nomor 26 tahun 2016 dan KMA Nomor 208 tahun 2017 tentang Pedoman Penyesuaian/Inpassing, Uji Kompetensi, dan Penetapan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu.
 
Kegiatan dilaksanakan dengan sistem ujian tertulis dan wawancara. Materi ujian tertulis terkait dengan fikih munakahat, peraturan perundang-undangan, dan pengetahun adminiatratif layanan KUA. Sedangkan wawancara terkait dengan penguasaan khutbah nikah, simulasi akad nikah, dan baca tulis Alquran.
 
(thobib al-asyhar/bimasislam)

Berita Lainnya

Pengelola Situs Islam: Diblokir dan Dituduh Radikal, Sakitnya Tuh di Sinii!
Tingkatkan Kerukunan Internal, Ditjen Bimas Islam Sosialisasikan SKB 3 Menteri
Keluarga Kunci Kerukunan Umat Beragama di Belu
Fenomena Nikah Online, ini Respon Kemenag