Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin!
BERITA
Pos Observasi Bulan Cibeas Luncurkan Program Edukasi dan Pusat Studi Falak Astronomi
  • Tuesday, 10 October 2017 | 16:10
  • Syam
  • berita
Sukabumi, bimasislam– Rekonstruksi atas fungsi Pos Observasi Bulan yang saat ini berada di Cibeas Simpenan Pelabuhan Ratu Sukabumi menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan bagi masyarakat muslim, khususnya bagi mereka para pecinta ilmu falak~astronomi yang selama ini haus akan kebangkitan peradaban Islam.
 
Melalui inisiasi Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, fungsi POB yang selama ini dinilai hanya untuk melayani aktifitas rukyatul hilal saja, maka memasuki akhir tahun 2017 keberadaan aset yang telah menjadi Barang Milik Negara sejak tahun 2015 silam ini, beranjak sebagai sarana edukasi dan pusat perkembangan kemajuan ilmu falak~astronomi di Indonesia.
 
Menyambut inisiatif berharga tersebut, Plt. Direktur Urais dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Juraidi dalam launching Pos Observasi Bulan Cibeas di Sukabumi, selasa (10/10) memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, terutama pihak-pihak yang selama ini terlibat dalam proses perawatan maupun pengembangan program yang selama ini berjalan.
 
“POB Cibeas Palabuhan Ratu harus dikembangkan menjadi POB Model Tingkat Nasional. Selama ini POB hanya dipergunakan untuk kegiatan Rukyat Hilal saja yang sifatnya insidental, sehingga pemanfaatan asset ini relatifkurang optimal. Saya apresiasi atas ide dan gagasan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi yang mencoba berikhtiar untuk merekonstruksi fungsi POB ini selain untuk kegiatan Rukyat Hilal, juga sebagai pusat layanan Hisab Rukyat dan Edukasi Ilmu Falak-Astronomi``, sambut Juraidi.
 
Lebih lanjut Juraidi menjelaskan beberapa nilai edukasi yang dapat diambil jika mengunjungi POB Cibeas. “Di POB Cibeas pengunjung akan dikenalkan dengan banyak instrumen yang berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan penglihatan bulan dan penganalisaan benda langit yang ada di angkasa, diantaranya Teleskop Celestron CPC 11, Gawang Lokasi, rubu, Theodolit, Binokuler hingga studio astronimi mini. Dengan ini semua kita berharap kecintaan atas keberlangsungan ilmu keislaman ini bisa terjaga dan abadi selamanya, pungkasnya.
 
Hadir dalam launching Pos Observasi Bulan Cibeas di Sukabumi itu, Bupati Sukabumi, didampingi Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, para ahli falak Jawa Barat, Peneliti Bidang Astronomi dan beberapa mahasiswa dan pelajar lembaga pendidikan Islam Sukabumi.
 
(Syafaat-Ismail/Bimasislam)