Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin!
BERITA
Pemilihan KUA dan Sakinah Teladan: Mewujudkan Keluarga Berkualitas
  • Tuesday, 18 August 2015 | 09:24
  • Administrator
  • berita
Keluarga Sakinah dan KUA Teladan 2015

Jakarta, bimasislam— Ajang pemilihan Keluarga Sakinah dan KUA Teladan merupakan ajang tahunan yang dilakukan oleh Ditjen Bimas Islam, cq Direktorat Urais dan Pembinaan Syariah. Kegiatan berskala nasional ini bertujuan untuk mencari model keluarga sakinah di tengah fenomena menurunnya kualitas keluarga di Indonesia. Sementara pemilihan KUA Teladan di dimaksudkan untuk mendorong bagi peningkatan kinerja KUA sebagai unit terdepan Kemenag dalam memberikan layanan dalam berbagai bidang, khususnya layanan pernikahan. Demikian dikatakan oleh Kasubdit Pemberdayaan KUA, Adib Machrus saat dimintai komentarnya terhadap kegiatan ini.
 
Kegiatan dua even nasional tersebut dilakukan secara bersamaan di hotel Santika, Jakarta, pada tanggal 13 sampai dengan 19 Sagustus 2015. Peserta Keluarga Sakinah Teladan 64orang, sementara peserta KUA Teladan 32orang, dengan para pendamping peserta teladan sebanyak 66 orang dan dewan Juri sebanyak 16 orang.Berdasarkan laporan yang didapatkan bimasislam, ada satu Provinsi yang tidak ikut dalam even nasional ini, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat karena disebabkan ada kendala teknis.  
 
Dewan Juri dan Proses PenilaianDewan Juri Penilaian KUA Tingkat Nasional:Prof. Dr. Machasin, MA, Dr. H. Muchtar Ali, M.Hum, Dr. H. Hilmi Muhammadiyah, M.Si., Dr. H. Ahsin Sakho, Dr. H. Mahsusi, MM, Drs. H. Nur Arifin, M.Pd, H. M. Adib Machrus, S.Ag, Drs. H. Anwar, MA. SedangkanDewan Juri Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional:Prof. Dr. H. Ahmad Mubarok, MA, Prof. Dr. Hj. Nurhayati Djamas, MA, Prof. Dr. Hj. Zaetunah Subhan, MA, KH. Zainuddin Ma’sum Ali, Drs. H. Wahyu Widiana, MA, Drs. H. Tulus, Hj. Ratih Sanggarwati, SE, danH. Jajang Ridwan, MA.
 
Dalam sambutannya saat pembukaan (13/8), Dirjen Bimas Islam, Machasin, mengatakan bahwa keluarga merupakan aset bangsa yang perlu dipupuk keberadaannya agar dapat menciptakan generasi penerus yang berkualitas. Sementara itu KUA sebagai garda depan layanan publik bagi Kementerian Agama harus bisa menghadirkan layanan yang berkualitas, khususnya bidang bimbingan dan pelayanan pernikahan, katanya. (thobib/foto:bimasislam)