Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Rabu , 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Pembukaan STQ Nasional XXIV Berlangsung Meriah

  • Sunday, 16 July 2017 | 14:57
  • sigit
  • berita
Tarakan, bimasislam— Seremoni pembukaan Seleksi Tilawati Quran (STQ) Nasional XXIV di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara berlangsung meriah. Ribuan masyarakat Kota Tarakan dan sekitarnya memadati arena utama pembukaan, Islamic Center Masjid Baitul Izzah, yang merupakan kebanggaan warga Tarakan. 
 
Perhelatan STQ Nasional XXIV secara resmi dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sabtu (15/7). Sebelumnya, Menag telah melantik Dewan Hakim yang akan menjadi juri pada hajatan akbar tersebut. STQ Nasional di Kota Tarakan ini  diikuti 460 orang peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia. 
 
Pembukaan STQ diawali dengan performance tarian yang ditampilkan secara rampak dengan mengambil alur cerita dari kisah Umar Bin Khatab yang dimainkan 150 pelajar se Kota Tarakan. Hadir Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambri dan Jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Perwakilan Pemerintah Provinsi masing-masing kafilah STQ, Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Pejabat Eselon II Kementerian Agama, Kakanwil Kementerian Agama Se Indonesia, serta official dan peserta.  
 
Pembukaan yang meriah tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Agama sebagai model perpaduan yang harmonis antara nilai-nilai Islam dan kesenian.
 
“Apalagi itu diperagakan oleh adik-adik kita, anak-anak kita siswa-siswi SMA. Ini juga sebagai cara bagaimana menumbuhkembangkan nilai-nilai baik melalui budaya,” ujarnya.
Menag menambahan, sebagai provinsi termuda, Kalimantan Utara mampu dan tidak kalah dengan provinsi lainnya dalam menyelenggarakan perhelatan nasional.
 
Perlombaan pada rangkaian STQ Nasional XXIV tahun 2017 akan berlangsung mulai dari tanggal 16 hingga 22 Juli 2017. Arena utama event dua tahunan itu dipusatkan di Islamic Center Masjid Baitul Izzah Kota Tarakan, selain juga di gelar di venue lain seperti Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid al-Ma’arif.
 
(sigit/bimasislam/kemenag.go.id)
 

Berita Lainnya

BAZNAS, BWI dan DSN-MUI Tandatangani Kerjasama dengan Bank Indonesia
Menag ajak Ormas Islam Tangkis Paham ISIS
Dirjen: Perkuat image building dengan Kinerja dan Pencapaian Terbaik!
Puisi Menag dan Empati Kementerian Agama atas Keluarga YY di Bengkulu