Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Kamis , 29 Juni 2017 - 4 Syawal 1438 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Pelayanan dan Kinerja Bimas Islam Dinilai Membanggakan!

  • Monday, 17 April 2017 | 15:27
  • sigit
  • berita
Jakarta, bimasislam— Dedikasi dan pelayanan Ditjen Bimas Islam kepada masyarakat dinilai terus mengalami peningkatan, bahkan, bisa dikatakan Bimas Islam merupakan satu-satunya instansi pemerintah yang penyelenggaraan layanan publiknya dilakukan sampai ke rumah-rumah warga. Demikian disampaikan oleh Plt. Dirjen Bimas Islam. Abdul Djamil, saat memberikan arahan pada acara Bimbingan Rohani (Binroh) PegawaI Ditjen Bimas Islam, Senin (17/4).
 
“Di dalam penyelenggaraan layanan publik, apakah ada yang seperti Bimas Islam, dimana pelayanan publiknya bisa dipanggil ke rumah, di hari libur pula?” Tanya Dirjen secara retoris disambut tawa hadirin.
 
Dikatakan Dirjen, saat masyarakat membutuhkan layanan publik seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Paspor, dan sebagainya, maka warga harus datang ke kantor-kantor terkait. “Tetapi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Islam, seperti layanan pencatatan nikah, justru petugas Bimas Islam yang datang ke rumah penduduk, bahkan dilakukan pada hari libur saat mereka seharusnya punya waktu untuk keluarga.” Tambahnya.
 
Oleh karena itu, guru besar yang juga menjabat sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) itu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pelayanan seluruh pegawai Bimas Islam kepada masyarakat. Terlebih penilaian lembaga Ombudsman terhadap pelayanan Ditjen Bimas Islam juga terus membaik dari waktu ke waktu.
 
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Hukum Ditjen Bimas Islam, Eddy Mawardi, mengaku senang dengan peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan Ditjen Bimas Islam.
 
“Penilaian Kinerja Bimas Islam menurut Inspektorat menunjukan skor yang membanggakan. Skor kinerja meningkat menjadi 79.86 dengan kategori ‘berhasil’,” ujarnya.
 
Dikatakan Eddy, angka tersebut, naik secara signifikan dari tahun sebelumnya yang mencapai angka 70.34.  
 
Keberhasilan kinerja Ditjen Bimas Islam tersebut terkait dengan nilai capaian Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang dinilai bagus dengan nilai 91.25. Secara lebih rinci, nilai capaian unsur pengendalian meliputi lingkungan pengendalian (90), penilaian resiko (94), kegiatan pengendalian (89), informasi dan komunikasi (98), dan pemantauan (93).
 
Selain itu, Eddy menambahkan, temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Ditjen Bimas Islam juga mengalami penurunan yang sangat signifikan. “Pemeriksaan BPK itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Hasilnya, alhamdulillah  temuan pada Ditjen Bimas Islam sangat kecil sekali.” Pungkas pria yang sudah mengabdi sejak 1998 itu.
 
Kegiatan Bimbingan Rohani bagi Pegawai Ditjen Bimas Islam digelar di auditorium HM.Rasyidi, lantai dasar Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kegiatan yang diikuti seluruh pegawai itu dimulai sejak pagi hari dan diakhiri dengan makan siang bersama.
 
(Sigit/bimasislam)

Berita Lainnya

Farhan Arif, Taruna yang Hobby Mengkaji al-Qur’an
Di Pulau Buru, Muhammad Tambrin Mewisuda 2000 Santri TPA
Prof. Mubarok: Kelompok Islam Takfir itu Miskin Budaya
Para Pengabdi di Selatan Lebak (Bag. 2): Penjaga Suluh Dakwah Di Banten Selatan