Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Sabtu , 21 Oktober 2017 - 1 Safar 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

KUA Sukun Malang Gelar Penyuluhan Fikih Qurban

  • Wednesday, 31 August 2016 | 15:09
  • sigit
  • berita
Malang, bimasislamMenyoroti seringnya praktek pengelolaan hewan Qurban oleh panitia-panitia Masjid di kampung-kampung dan lembaga pendidikan yang masih tidak sesuai dengan ketentuan fiqih, KUA Sukun mengadakan Penyuluhan Fiqih Qurban bagi tokoh masyarakat, penyuluh honorer dan takmir Masjid pada 30 Agustus 2016 di Balai Nikah KUA Sukun Malang.
 
Penyuluhan yang dihadiri 50 orang dari berbagai utusan termasuk dari guru-guru agama, tokoh masyarakat, penyuluh dan takmir masjid ini di sampaikan oleh Ustadz Faris Khoirul Anam, salah seorang pengurus Lembaga Bahtsul Masa’il NU Jawa Timur yang juga salah seorang Imam Masjid Agung Jami Kota Malang.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Faris memperkenalkan Formulir Qurban, sebagai isian sekaligus panduan bagi panitia dan orang yang berqurban agar ibadah yang dia lakukan sesuai dengan tuntunan fiqih. Dalam formulir tersebut dijelaskan bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan orang  yang berqurban dan kewajiban yang harus dipenuhkan oleh panitia.
 
Ketua panitia penyelenggara, Ahmad Imam Muttaqin menyatakan bahwa penyuluhan ini diadakan sebagai upaya memenuhkan harapan Menteri Agama atas Kantor Urusan Agama agar mampu menjadi etalase bagi Kementerian Agama yang menjadi sentral pembinaan keagamaan di masyarakat yang manfaat keberadaannya dirasakan secara langsung oleh masyarakat.
 
Dalam sambutan pembukaannya, Penyelenggara Bimbingan Syariah Kementerian Agama Kota Malang, Tri Noegraha Basuki, S.Sos menyatakan menyambut baik ide kreatif penyelenggaraan penyuluhan ini oleh KUA Sukun, beliau berharap dengan penyuluhan2 secara berkala dalam praktek ibadah maupun hal-hal yang lain terkait kegiatan keagamaan dapat meminimalisir kesalahan dan menambah pengetahuan bagi masyarakat. Kegiatan-kegiatan seperti ini seharusnya di blow up di media sebagai counter terhadap pemberitaan miring oleh media tentang KUA.
 
(sigit/bimasislam)

Berita Lainnya

Machasin: Nikah Siri (Online) Sah Secara Agama, Tapi Bermasalah Secara Sosial
Lepas Petugas Haji, Sekretaris Titip Amanah Jaga Nama Baik Bimas Islam
Muhammadiyah Amin: Disiplin Jadi Indikator Keberhasilan Reformasi
Masjid nan Istimewa, di Pulau Natuna