Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Sabtu , 21 Oktober 2017 - 1 Safar 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

KUA Penerima Proyek Pembiayaan SBSN Mulai Berbenah

  • Monday, 08 June 2015 | 10:51
  • berita
Wonosobo, bimasislam Sebagai penerima proyek pembiayaan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kepil dan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mulai berbenah. Kedua KUA ini terpilih sebagai penerima anggaran pemerintah dari sektor syariah tersebut setelah melewati penilaian yang ketat dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
 
KUA Kepil yang berlokasi di Jalan Purworejo, berdiri di atas tanah seluas 1460 meter persegi dan memiliki masjid yang cukup luas. Akan tetapi, sebagaimana dikatakan Kepala KUA Kepil, Slamet, kondisi bangunan kurang memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurut rencana, di halaman depan gedung KUA ini akan dibangun sebuah gedung baru yang lebih memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, halaman KUA Kecamatan Kepil kerap digunakan untuk jalur lalu lintas penduduk dari jalan raya ke pemukiman. Di KUA Kepil ini, sampai dengan Mei 2015 sudah tercatat  sebanyak 277 peristiwa nikah. Lebih sedikit 24 peristiwa nikah dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Sedangkan KUA Kecamatan Mojotengah, sampai hari ini masih berdiri di atas tanah milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wonosobo, letaknya persis di tepi jalan Kalibeber dengan lahan parkir yang sempit. Tanah ini pun telah diminta kembali oleh Pemda terkait perluasan sekolah dasar yang lokasinya persis bersebelahan dengan gedung KUA.
 
Sesuai rancangan, lokasi KUA ini akan dipindahkan ke lokasi lain yang berjarak sekitar 600 meter dari lokasi KUA saat ini. “tanahnya sudah ada, seluas 500 meter persegi. Lokasi tanahnya sekitar 600 meter dari lokasi saat ini”, ujar Kepala KUA Mojotengah, Masrur.
 
Berdasarkan pantauan bimasislam pada Rabu (04/06), tanah tersebut berlokasi di kaki pegunungan kawasan Dieng, dengan panorama gunung Prau dan gunung Sumbing. Tak jauh dari lokasi terhampar sawah dan sungai yang cukup jernih. Masrur berharap pembangunan gedung ini akan memberikan semangat baru bagi pelayanan pegawai KUA kepada masyarakat Mojotengah, mengingat keberadaan lokasi KUA di tanah milik Pemda saat ini kurang memadai. “Jika ada yang menikah di KUA, parkir kendaraan pengantin dan rombongan kerap membuat macet lantaran lahan parkir yang sempit dan letak gedung yang persis di tepi jalan raya”, ujar Masrur. (ska/foto:bimasislam)

Berita Lainnya

Grand Shaikh Al-Azhar Serukan Persudaraan Sunni-Syiah
Menengok Tradisi Nikah Maulid di Kanzus Shalawat Pekalongan
Menag Imbau Tempat Hiburan, Rumah Makan, dan Pengguna Media Sosial agar Tak Cemari Ramadhan
Warning! Darurat Hamil Duluan dan Fenomena Nikah di Bulan Maret-April