Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Kamis , 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Kebersamaan dalam Menyongsong Hari yang Fitri

  • Thursday, 16 July 2015 | 23:15
  • berita
Jakarta, bimasislamPemerintah melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (LHS) telah resmi mengumumkan penetapan awal bulan Syawwal 1436 H yang bertepatan dengan hari Jumat, 17 Juli 2015. Melalui penetapan pemerintah ini berarti Umat Islam di seluruh tanah air dapat melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri esok hari.
 
Dalam pantauan bimasislam sidang itsbat kali ini tampak sedikit berbeda. Berbeda karena seluruh peserta hingga memasuki ruangan sidang memiliki kekhawatiran yang sama yakni akankah lebaran kali ini jatuh bersamaan atau sebaliknya. Hingga akhirnya ada laporan di empat  titik rukyat yang tersebar di tanah air menyatakan melihat hilal.  
 
Sidang yang berjalan tertutup dan singkat pun dilanjut bergeser ke meja konferensi pers, di loby gedung Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin, (16/7) selepas Shalat Magrib. Menteri Agama LHS didampingi Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, Wakil Ketua MUI KH Makruf Amin dan Dirjen Bimas Islam, Machasin pun memasang wajah berseri-seri. Diwakili Menag, akhirnya pemerintah bersama ormas Islam dan disaksikan para utusan duta besar Negara sahabat menetapkan 1 Syawwal jatuh esok hari.
Saat sebelum konferensi pers diakhiri, Dien Syamsuddin yang juga Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memimpin takbir tanda memasuki bulan syawal, peserta dan awak media pun bersemangat mengikuti ajakan Din Syamsuddin.
 
Dan, suasana kebersamaan pun muncul kala konferensi pers hendak diakhiri, dengan brejabat tangan, para tokoh agama itu pun melempar senyum di depan kamera, seakan mengirim pesan kepada umat muslim di seluruh duinia, bahwa kebersamaan itu indah dan membahagiakan. Selamat idul Fitri, mohon maaf lahir batin, taqabballahu minna waminkum. (syam/foto:bimasislam)

Berita Lainnya

Kanwil Kemenag DIY Kembangkan Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS)
KUA Ciasem Subang, Jabar, Melayani Masyarakat dengan Hati
Ini Dia Program TV Berkualitas di Bulan Ramadhan
Dirjen: Peserta Inpassing yang Bacaan Alqurannya Buruk Jangan Diluluskan!