Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Selasa , 22 Agustus 2017 - 30 Zulkaedah 1438 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Ini Terobosan Direktorat Wakaf dalam Pemberdayaan Wakaf Produktif

  • Monday, 30 March 2015 | 14:56
  • Administrator
  • berita
Jakarta, bimasislamWakaf merupakan aset tetap umat Islam yang memiliki potensi besar dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan stake-holders, baik dalam bentuk regulasi, pembinaan, maupun kebijakan strategis lainnya. Salah satu terobosan penting yang dilakukan oleh Direktorat Pemberdayaan Wakaf adalah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kemenko PMK, dan Kementan.
 
Pada rapat (27/3) di Ruang Sidang Direktorat Pemberdayaan Wakaf membahas tentang persiapan pembangunan RUSUNAWA (Rumah Susun Sederhana Sewa) di atas tanah wakaf. Satu agenda diskusi dalam rapat tersebut adalah membuat Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) antar instansi.
 
Menurut wakil dari Kemen PUPR, bahwa pembangunan Rusunawa seperti Perumnas di atas tanah wakaf dapat juga dibangun usaha UKM dengan mendirikan BMT (Baitul Mal wat-Tamwil).
 
“Upaya kerja sama ini perlu ketersediaan tanah-tanah wakaf secara detail, manyangkut status, dan peta potensi yang ada”, ujarnya.
 
Dalam sambutannya, Direktur Pemberdayaan Wakaf, Hamka, mengatakan bahwa dalam kerja sama ini akan disepakati draft MoU antara Nazhir dan investor. Selain itu, Direktorat Wakaf akan memastikan data-data tanah wakaf yang akan dijadikan obyek pemberdayaan. (yahya/foto:bimasislam)   

Berita Lainnya

Wamenag: Hati-hati, Jangan ISIS-kan Orang yang Bukan ISIS atau Sebaliknya
Batam Dinilai Cocok Jadi Gerbang Dakwah Ormas Islam ke Asia
Dirjen Bimas Islam: Kurangi Angka Cerai, Pemerintah Perkuat Pembinaan Pra Nikah
Kecamatan Banjarsari, Contoh Indah Kerukunan Internal Umat