Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Kamis , 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Heboh Video Tarawih Kilat, Kasi Binsyar: Mari Perbaiki Shalat Kita

  • Monday, 29 June 2015 | 10:22
  • berita
Jakarta, bimasislam Satu pekan terakhir pengguna media sosial dihebohkan dengan beredarnya video shalat Tarawih super cepat di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Blitar, Jawa Timur. Shalat tarawih yang dilakukan 20 rakaat, plus tiga rakaat shalat witir ini dikerjakan hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Shalat tarawih tersebut diikuti cukup banyak jamaah. Dalam pelaksanaan shalat tersebut dilaporkan bahwa imam hanya membaca bagian yang wajib saja seperti niat, takbiratul ihram, al-Fatihah dan ayat pendek al-Quran sampai dengan salam. Shalat dengan cara singkat ini hanya dilakukan untuk shalat tarawih, sementara shalat wajib lima waktu dilaksanakan di masjid dan dikerjakan seperti biasa.

Video tersebut menarik perhatian masyarakat dan menjadi perbincangan luas di kalangan netizen. Menanggapi fenomena ini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Pengembangan Syariah (Kasi Binsyar), Ditjen Bimas Islam, Kemenag, Jamaluddin Muhammad Marki mengajak kepada masyarakat untuk tidak tergesa-gesa menghakimi. Jamal mengatakan, sekalipun para ulama sepakat perlunya tuma’ninah (bersikap tenang) di dalam shalat, tapi secara khusus tidak dijelaskan berapa lama ukurannya.

Lebih lanjut, alumni Universitas al-Azhar, Mesir, itu juga mengimbau agar masyarakat memperbaiki shalat masing-masing. “Perbaiki saja shalat kita. Mungkin dengan tarawih super cepat itu ada hikmah lain yang bisa dipetik dalam mensyiarkan Ramadhan,” katanya. Video Shalat Tarawih kilat terkait dapat Anda lihat disini. (ska/bimasislam)

Berita Lainnya

Dirjen: Puasa adalah Perisai
Lembaga Zakat Galang Dana Kepedulian Untuk Membantu Muslim Rohingya
Ketika Kakanwil Kemenag Aceh Berkantor di KUA Kecamatan
Wamen: Bukan Hanya Penghimpunan, Zakat Juga Harus Dilihat Pemanfaatannya