Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Selasa , 22 Agustus 2017 - 30 Zulkaedah 1438 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Fasilitas KUA Lengkap dan Tidak Ada Biaya, Terimakasih Kementerian Agama

  • Monday, 10 July 2017 | 09:19
  • Syam
  • berita
Kapuas, bimasislam – Rintik hujan tidak menghentikan langkah rombongan keluarga Ade dan Apriana untuk mendatangi Kantor Urusan Agama Kec. Kapuas Barat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah. Pagi itu, Jumat, (7/7) pukul 08.00 WIB sekitar 20 orang berjalan beriringan masuk ke gedung baru KUA Kapuas Barat. Mereka hendak menghadiri berlangsungnya akad nikah.
 
Sepasang mempelai nampak bersemangat menuju balai nikah yang sejak tahun 2017 resmi memiliki wajah baru, fasilitas baru dan tentu kenyamanan baru. Tidak hanya calon pengantin, kedua keluarga, kerabat dan teman juga antusias mengikuti ijab qabul.
 
Tidak hanya Ade dan Apriana, pasangan kedua antara Yulyanor dan Diana juga tampak menikmati menikah di KUA Kapuas Barat. Mereka juga terlihat membawa keluarga besar saat mengucap janji setia.   
 
Gedung yang berdiri atas biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun anggaran 2016 itu membawa dampak positif pelayanan terhadap masyarakat. Terbukti masyarakat makin berminat melangsungkan pernikahan di KUA dengan tanpa biaya alias gratis.
 
Tidak ada persiapan khusus, KUA Kapuas Barat sudah terbiasa melayani masyarakat untuk melangsungkan pernikahan di kantor. Tingginya angka pernikahan dikantor disinyalir karena KUA Kapuas Barat ini memiliki gedung baru, fasilitas baru terutama balai nikah yang tidak kalah mewah dengan gedung pernikahan bertarif mahal. Hal itu disampaikan oleh Kepala KUA Kec. Kapuas Barat, Qamarudin.
 
“Alhamdulillah sejak dibangun gedung baru, kami dapat meningkatkan semua pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam hal pencatatan pernikahan di kantor. Sejak januari 2017 ada sekitar 90 peristiwa pernikahan, 70 digelar dikantor, di hari dan jam kerja” ungkap Qamaruddin.
 
Senada dengan Kepala KUA, sang mempelai pria Ade mengaku senang bisa menikah di KUA. Menurutnya pelayanan dan fasilitas KUA Kapuas Barat sangat baik. “Alhamdulillah hari ini kami sudah sah menjadi suami istri, pelayanan sangat baik, fasilitas juga lengkap, kami senang, tidak ada biaya, terimakasih kementerian agama”, ujar Ade didampingi istrinya.
 
Selain balai nikah, terlihat beberapa ruangan dengan pintu terbuka tertera keterangan jelas disetiap pintu masuk, diantaranya ruang kepala, ruang komputer, ruang konsultasi nikah, ruang tunggu, ruang penyuluh, ruang penghulu serta Musholla beserta toilet dan tempat wudhu. Selain itu, KUA ini juga memiliki prioritas layanan yaitu manasik haji.
 
(syamsuddin/bimasislam)

Berita Lainnya

Rotasi Pejabat, Tiga Direktorat Punya Pimpinan Baru
Izzuddin: Mbah Sahal, Kyai Kampung yang Memiliki Pikiran Futuristik
Khatib Masjid Istiqlal ajak Generasi Muda Meneladani Nabi Ismail AS
Terapkan Aplikasi di Smartphone, Penerimaan Zakat Pemkot Bandung Naik Signifikan!