Selamat datang di Website Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam .
Kamis , 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Direktorat Jenderal

Bimbingan Masyarakat Islam

Membimbing, Melayani, Memberdayakan, dan Mengembangkan Masyarakat Islam

Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan! Bayarkan zakat anda melalui BAZNAS maupun LAZ yang berizin! Ditjen Bimas Islam Turut Berduka Cita yang Sedalam-dalamnya atas Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Datangkan Profesional, Bimas Islam Ingin Layanan Publik Berbasis Info-Grafis

  • Friday, 29 April 2016 | 10:56
  • Administrator
  • berita
Jakarta, bimasislamSaat ini layanan publik berbasis info-grafis sedang menjadi trend di seluruh Kementerian/Lembaga untuk memberikan kemudahan dan transparansi layanan. Dengan menggunakan info-grafis layanan publik mempermudah pembacaan masyarakat terhadap penyediaan yang diberikan. Dalam Rakor Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI) di Jakarta (27/4), Ditjen Bimas Islam mengundang seorang profesional untuk memberikan pencerahan kepada seluruh peserta tentang pentingnya info-grafis dan amazing slide dalam presentasi kebijakan.
 
“Info grafis itu sebuah fenomena baru yang sangat menarik. Banyak pelatihan yang saya lakukan di berbagai tempat, khususnya K/L untuk memberikan wawasan tentang pentingnya info-grafis dalam sajian informasi layanan publik”, ungkapnya.
 
Dalam materi tersebut peserta dikenalkan bagaimana cara membuat info-grafis yang baik dan menarik, termasuk bagaimana membuat presentasi yang bagus.
 
“Banyak dari kita yang tidak mengerti bagaimana membuat presentasi menarik. Rata-rata mereka hanya copy-paste tulisan dari program word ke power point. Padahal banyak manfaat power point yang bisa dioptimalkan dengan templete yang ada, sehingga kekuatan presentasi dapat dirasakan”, imbuhnya.
 
Selesai paparan yang cukup menarik, para peserta banyak menyambut positif materi ini karena mendapat wawasan baru tentang info-grafis dan imaging slide yang menarik. Menurut Ismail Fahmi, peserta dari Direktorat Urusan Agama Islam dan Binsyar berharap hal seperti ini dapat ditindaklanjuti dengan workshop khusus untuk melatih secara teknis peserta.
 
“ini materi bagus. Harus ada pelatihan khusus biar peserta dapat membuatnya sejak awal. Tadi kan yang disampaikan baru permukaan, sehingga di laij waktu diperlukan workshop selama 2 atau 3 hari sehingga dapat dipraktikkan secara langsung”, harapnya.
 
Hal sama harapan itu juga diungkapkan oleh peserta dari Jawa Timur, Achmad Shampton. Menurutnya ini sangat menarik karena berkaitan dengan tugas-tugasnya sehari-hari menyampaikan berbagai presentasi dalam berbagai kesempatan.
 
“Wah materi ini bagus banget. Sangat bermanfaat buat saya. Diajarkan dengan sederhana dan memotivasi saya untuk membuat infor grafis yang baik dan slide yang menarik. Materi yang seperti ini sangat bermanfaat”, sergahnya. (thobib/bimasislam)  

Berita Lainnya

Masjid Agung Madani, Rokan Hulu, Termegah di Riau
Kanwil Kemenag SUMBAR Dukung Penuh Tanah Minang sebagai Destinasi Wisata Halal
Wamen: Pemberdayaan Wakaf Harus Mempertimbangkan Kearifan Lokal
Menag: Al-Quran Mengeluarkan Manusia dari Kegelapan Menuju Cahaya