TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
BNPT Gandeng Kemenag Sosialisasikan SOP Sistem Keamanan Rumah Ibadah dari Ancaman Terorisme
Monday, 28 August 2017 | 15:22
sigit
Berita

Riau, bimasislam— Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan Survey Persiapan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah dalam Menghadapi Ancaman Terorisme di Kanwil Kemenag Riau, Rabu (23/8/2017) di Aula Kakanwil Kemenag Riau.
 
Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, Kabid Penaiszawa HM Saman S Sos M SI, Kabid Pakis H Fairus MA, Pembimas, Kasubbag Inmas Dedi Sahrul S Kom M SI, Kasubbag Keuangan H Muliardi M Pd, Kasubbag Hukum dan KUB H Anasri, dan Kasi- kasi di Kanwil Kemenag Riau. Sementara itu, dari pihak BNPT hadir Kasubdit Pengamanan Lingkungan Fafan Infansyah beserta tim.
 
Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT, Fafan Infansyah, dalam pemaparannya menjelaskan, BNPT telah mengolah suatu produk SOP dan saat ini sedang mempersiapkan rencana sosialiasi yang akan dilaksanakan pada 12- 15 Sepetember 2017 di Hotel Mutiara Pekanbaru. Kegiatan akan diikuti oleh 60 orang peserta, terdiri dari 30 peserta utusan pusat, dan 30 orang utusan Provinsi Riau yang meliputi tokoh agama, Kemenag, kepolisian TNI, Polri, pengurus masjid, FKUB dan pihak terkait lainnya.
 
“Kita dari BNPT Khususnya direktorat Perlindungan  akan mengadakan sosialisasi tentang (SOP) Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah dalam Menghadapi Ancaman Terorisme di Pekanbaru. Produk ini dalam rangka untuk pengamanan tempat- tempat ibadah, khsusunya 6 ibadah resmi yang ada di Riau. Dan kedatangan kita kesini dalam rangka meminta dukungan dari Kanwil Kemenag Riau dan alhamdulillah kedatangan kita disambut sangat baik,” jelas Fafan dan mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Kakanwil Kemenag Riau yang akan turut membantu sosialisasi SOP dimaksud.
Kakanwil Kemang Riau Drs H Ahmad Supardi MA, sangat mengapresiasi hal tersebut. Kunjungan silaturrahim sekaligus untuk hajat besar yaitu dalam rangka Sosialisasi SOP Sistem Keamanan Lingkungan Tempat Ibadah dalam Menghadapi Ancaman Terorisme. Hal tersebut sangat penting, rumah ibadah perlu pengamanan karena terkadang ada oknum- oknum yang mendirikan rumah ibadah tampa memperhatikan rambu- rambu dan ketentuan pendirian rumah ibadah. Akibatnya, menimbulkan gejolak di masyarakat, bahkan lebih parahnya lagi rumah ibadah digunakan sebagai sarang terorisme.
 
“Dengan SOP ini, diharapkan jadi standar pengamanan rumah ibadah untuk masa mendatang. Kita akan dukung BNPT dengan memberikan bantuan semampu kita, baik itu administrasi, transportasi, dan sarana lainnya selama kegiatan,” ungkapnya dan berharap dengan Sosialisasi SOP tersebut bisa dipahami oleh masyarakat, khususnya tokoh agama yang ikut dalam kegiatan. Jika memungkinkan, kakankemenag Kabupaten/ Kota perlu dilibatkan sehingga bisa diteruskan kemasyarakat, sehingga apa yang menjadi tujuan dari SOP ini dalam rangka keamanan lingkungan rumah ibadah dari ancaman terorisme dapat tercapai.
 
(mus/faj/anto/inmas)