TIM CYBER ANTI NARKOBA, PORNOGRAFI, DAN RADIKALISME

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI
Multaqa Dai Nasional MUI: Indonesia Lebih Toleran daripada Amerika
Friday, 06 January 2017 | 14:13
sigit
Berita

Jakarta, bimasislam— “Indonesia itu negara demokrasi yang sangat toleran, lebih toleran dari negara Amerika sekalipun yang memiliki pengalaman demokrasi lebih panjang. Di Indonesia yang masyarakatnya mayoritas muslim terbesar di dunia, sementara ada kelompok yang jumlahnya kurang dari 1 persen diangkat dua orang menteri dari mereka dalam kabinet. Sementara di Amerika, mana ada sejarah seorang menteri dari golongan muslim. Itu artinya Indonesia lebih baik penerapan toleransi (deep tolerance) dibanding Amerika”.
 
Demikian dikatakan oleh Prof Dede Rosyada, rektor UIN Jakarta, saat mengisi materi pada Multaqa Dai Nasional yang diselenggarakan di hotel Santika, TMII, Jakarta (14/12). Lebih lanjut Dede mengatakan bahwa dengan penduduk yang mayoritas muslim dengan iklim demokrasi yang bagus dan sumber daya yang semakin baik, seharusnya umat Islam Indonesia dapat mewujudkan sebagai “khaira ummah”. Menurutnya, untuk mewujudkan itu diperlukan para ahli sebanyak mungkin dari berbagai bidang, bukan hanya bidang agama.
 
“Untuk memperkuat umat Islam, kita harus memperbanyak para ahli di bbagai bidang kehidupan. Di evel kabupaten misalnya cukuplah 2 ahli tafsir saja, sementara ahli ekonomi, ahli komputer, ahli manajemen, ahli petambangan, dan lain-lain diperlukan 1000 orang, namun ahli-ahli itu harus dipastikan dari kalangan santri dan memiliki komitmen terhadap Islam.
 
Itulah salah satu berdirinya UIN di Indonesia,  yang akan melahirkan SDM profesional yang santri”, tegasnya. Dengan demikian, imbuhnya, umat Islam harus mampu menguasai teknologi, ekonomi, politik, dan lain-lain.
 
Masalahnya sekarang, kenapa berdasarkan survey TIMES justru negara-negara yang bukan negara berpenduduk muslim mayoritas sebagai negara paling Islami? Indonesia masih kalah dengan New Zeeland yang nota bene bukan negara Islam, kenapa? Dalam kegiatan Multaqa Dai Nasional yang diselenggarakan oleh Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat diikuti oleh para dai nasional utusan dari berbagai MUI provinsi di Indonesia.
 
Sebelumnya ikut memberikan materi diantaranya adalah Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI, Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, dan Abdushomad Buchori, Imam Besar Masjid Al-Akbar, Surabaya yang juga pengurus MUI Jawa Timur.
 
(thobib/bimasislam)